Kunjungi Juga fzdrama :: Drama Edition
(fzpoint versi drama)
Rincian, Sinopsis, Pemain dan info lainnya dari Drama Televisi.

Kunjungi Juga fzpoint :: The Indonesian Blog

Jangan lupa tinggalkan Komentar anda.

Sabtu, 06 Maret 2010

Sariawan

sudah 2x aku mengalami sariawan pd bulan Februari dan awal Maret ini. kata mama ku, ini karena faktor psikologi.. Stres mikirin barang yg pengen di beli. terus tubuh yg ngga fit, coz harus nabung buat beli itu barang. *stop jajan*

Sariawan

Sariawan atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya sariawan. Misalnya, luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Sariawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut

Stomatitis Aphtous/Ulcer BUKAN KARENA KURANGNYA Vitamin C, malahan sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.

Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.

Tips Mengobati Sariawan

ini adalah tips mengobati sariawan.

1. Antiseptic
Jika sariawannya kecil, coba deh pake tablet lozanges Dequalinium Cl., sejenis tablet hisap yang berisi antiseptic (Degirol®, Decamedin®, SP Troches). Selain itu, kita bisa mengunakan obat kumur yang mengandung Povidone-Iodine., seperti Betadine® obat kumur,Orodin® spray, Neo Iodine® Gargle and mouthwash. Coba Garlin obat kumur.
Kalo sariawan atau gusimu bengkak coba deh pake Hexetidine + alcohol 9%, (Hexadol@ gargle mouthwash).

2. Triamcinolone acetonide
Obat ini berbentuk salep yang dioleskan pada sariawan, namanya Kenalog in orabase®, Ketricin®. Beli diapotek juga ada kok, harganya sekitar 40.000-an. Obat ini cukup aman dipake dan dalam waktu 3 hari biasanya sudah membaik sariawannya.

Bila kamu sering mengalami sariawan, cobalah untuk selalu menjaga kesehatan rongga mulut. Ini bukan masalah rajin tidaknya mengosok gigi tapi imunitas yang tidak seimbang.

Note: Sakit gigi atau sariawan akan mengurangi kegantenganmu.

Tips di atas dari : http://tukangobatbersahaja.wordpress.com/2009/06/29/tips-mengobati-sariawan/

tapi tips dari aku sih gampang aja.

1. sikatlah gigi setiap malam. tapi jangan sampai berbusa banyak. usahakan pakai pasta gigi yang mengandung detergen rendah atau tanpa detergen.


2. setelah sikat gigi, berkumurlah dengan cairan sederhana yang aku ngarang sendiri.

- 1 Gelas Air Hangat / Air biasa
- 2 sendok makan Garam dapur
campur keduanya, lalu kumurlah dengan cairan itu setiap hari.

Umumnya sariawan itu dapat sembuh sendiri. Paling lambat proses penyembuhannya sekitar dua minggu. Tetapi, kalau sariawannya berat dan sudah ada infeksi bakteri mungkin kita perlu minum antibiotik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

wibiya widget